Manga One Piece Resmi Tercetak Sebanyak 470 Juta Eksemplar

Manga One Piece saat ini menjadi manga nomer 1 terbitan Shonen Jump sekaligus andalan dan juga pundi-pundi uang publiser yang satu ini. Selain kisahnya yang sudah di mulai sebelum era milenium yaitu di tahun 1997 sampai sekarang, manga ini dalam perjalanannya memecahkan banyak sekali rekor dan prestasi dari 1 judul dan 1 mangaka. Baru-baru ini One Piece di kabarkan mengukuhkan pencetakan sebanyak 470 juta eksemplar sejak di rilis 23 tahun silam.

Lalu selama 23 tahun ini apa saja sih kira-kira sepak terjang dari manga bertema bajak laut paling populer ini.

1. Menjadi judul manga satu satunya yang mencetak 470 juta kopi.
470 Juta

One Piece menjadi manga satu-satunya dengan pencetakan mencapai lebih dari 400 juta eksemplar. Tidak ada manga lain yang mampu melewati angka ini selain manga karya Eiichiro Oda ini.

Di bawah One Piece sendiri ada beberapa judul yang mampu mencapai ratusan juta kopi atau eksemplar, antara lain :

  • Golgo 13 (rilis 1968 – 2016 atau sepanjang 48 tahun) manganya tercetak sebanyak 200 juta kopi lebih, karya Takao Saito. Menjadi judul manga nomer 5 dengan pencetakan terbanyak.
  • Detective Conan (rilis 1994 sampai sekarang atau sepanjang 26 tahun), tercetak sebanyak 200 juta lebih. Manga karya Gosho Aoyama dan merupakan manga dengan penjualan terbanyak untuk tema cerita Detektif.
  • Naruto Series (tidak termasuk Boruto). Rilis tahun 1999 sampai 2014 atau sepanjang 15 tahun. Manga karya Masashi Kishimoto yang bercerita tentang dunia Ninja. Tercatat tercetak sebanyak 220 juta lebih.
  • Dragon Ball (rilis 1984 sampai 1995 atau selama 11 tahun dengan total 42 Volume resminya). Manga karya Akira Toriyama ini tentu gak perlu di perkenalkan lagi. Karena sebelum One Piece manga ini merupakan legenda dan menjadi manga Shonen Jump dengan penjualan mencapai 240 juta kopi. Saat ini manga ini menduduki peringkat ke 2 sebagai judul manga dengan pencetakan terbanyak.
2. 470 Juta terhitung dengan Volume terbaru yaitu 96.

Angka 470 juta kopi menjadi hitungan dengan perilisan Volume terbaru yaitu Volume 96 yang rilis 3 Maret 2020. Dari angka total, ada 390 juta menjadi penjualan lokal atau untuk negara Jepang saja. Sementara sisanya 80 juta kopi menjadi cetakan di luar Jepang dengan 42 wilayah yang masuk ruang distribusi manga One Piece termasuk Indonesia.

3. Rekor-rekor dari One Piece
470 Juta

Tentu saja dengan penjualan manganya yang mencapai 2 kali lipat dari peringkat 2 (Dragon Ball) manga ini sudah mencatatkan beberapa rekor. Antara lain :

  • Dibulan Juni 2015 menjadi manga dengan pencetakan sebanyak 320 juta lebih per bulan Desember 2014.
  • Volume 57 menjadi rekor pertama Volume One Piece dengan kopian sebanyak 3 juta lebih untuk 1 Volume dari 1 Judul dan 1 Mangaka. Terjadi di bulan Maret tahun 2010.
  • Setelah Volume 57, semua Volume lanjutannya juga mencebol angka 3 juta kopi di setiap rilisnya dan terpecah oleh Volume 64 pada November 2011 dengan 4 juta kopi saat perilisan Volume ini.
  • Hampir tiap tahunnya menjadi judul manga peringkat 1 dari Shonen Jump.
  • Semua rekor ini sudah masuk Guiness Book of Record.
4. Walau belum TAMAT sudah memegang status Legenda.
470 Juta

Biasanya status ini di berikan ke manga atau sesuatu yang sudah usai atau selesai. Namun faktanya walau belum Tamat, manga ini biasa di panggil dengan manga legenda (legenda hidup) yang masih eksis.

Tentu saja hal ini tidak lepas dari krja keras Oda sebagai mangaka yang bahkan di katakan hanya tidur selama 2 – 3 jam saja sehari. Dan itu ia lakukan hampir selama 23 tahun manga ini berjalan. Sungguh dedikasi yang luar biasa yah dari Oda.

5. Menurut kamu, pada Volume berapa One Piece akan tembus 500 juta kopi… ??

Gimana kalau kalian di kasih pertanyaan ini. Admin sendiri bakal jawab sebenarnya One Piece sudah tembus angka 500 juta kopi dari dulu. Itu kalau KALIAN BACA ONE PIECENYA DARI BUKU KOMIK RESMI atau SITUS LANGGANAN RESMI dan bukan dari BACAAN ONLINE yang ILEGAL. He he he .. .. .. Thanks.

.

.

** Sumber = 12 **

Like and Share

Tinggalkan Balasan