Lamanya Waktu Produksi Anime di Era Wabah

Dari situs berita Mantan-Web yang menginformasikan berdasarkan wawancara mereka ke sejumlah orang dari industri anime, yang mengatakan kalau di masa wabah saat ini waktu produksi anime menjadi 2 kali lipat lamanya. Bahkan bisa 3 kali lipat jika di gabung dengan produksi perekaman suara.

Para pekerja di sebuah studio yang beralih ke pekerjaan remote mengatakan kalau efek melakukan pekerjaan analog sangat terasa memakan waktunya “Ada banyak studio yang masih beralih ke proses digital. Saat melakukannya di rumah, cek akan memakan waktu cukup lama, dan ada banyak orang yang terbiasa dengan pertemuan tatap muka, yang membuat kualitas pekerjaan jatuh. Sangat sulit untuk mempertahankan kualitas dengan telework.”

Mantan-Web juga berkata kalau situasi di pertengahan tahun 2020 ini berangsur-angsur kembali normal. Namun masih tetap memakan waktu.
Waktu Produksi Anime

Outlet Studio juga mengatakan mengalami gangguan di perekaman suara, karena datang dari para SDM nya sendiri bukan dari alat atau tools yang ada. Narasumber berkata “memisahkan mikrofon dan memastikan jarak aman mengakibatkan hanya maksimal tiga seiyuu dalam satu waktu yang dapat merekam. Sangat sulit untuk mendapatkan hingga 10 orang untuk melakukannya sekaligus seperti sebelumnya. Ada beberapa rekaman yang menghabiskan waktu tiga kali lebih banyak. Akibatnya, jumlah waktu yang dihabiskan sutradara untuk merekam menjadi semakin lama juga. “Situasi ini juga tampaknya membuat lebih sulit bagi para seiyuu untuk melakukan ad-lib.

Industri anime di jepang terkenal sulit dan sering kekurangan tenaga kerja atau personil, hanya Studio besar saja yang biasanya mampu bertahan dan melanjutkan hidup. Mantan-Web juga mengatakan bahwa Covid-19 memperburuk masalah ini dan dapat menyebabkan pergolakan industri ini.

Pada bulan April lalu, Sponichi melaporkan “Rekaman suara untuk anime sedang macet, dan benyak penundaan yang akan terjadi ke depannya. Dan produksi anime juga berpengaruh karena sejumlah besar pekerjaan bekerja sama dengan outsourcing dari Cina dan Korea Selatan, yang juga negara tersebut berurusan dengan Wabah yang sama.

Semoga di separuh tahun 2020 ini, wabah ini segera berakhir dan mereda secara nyata. Sehingga waktu produksi anime kembali normal dan anime-anime favorit kita bisa tayang setiap minggu secara rutin.

.

.

** Sumber **

Like and Share

Tinggalkan Balasan