Pasar Media Hiburan Jepang Turun 4.8% pada 2020

Perusahaan riset dan promosi media HumanMedia merilis dokumen “Basis Data Pasar Konten Media Hiburan untuk Jepang dan Dunia” edisi 2021 pada 31 Maret. HumanMedia menilai pasar konten media Jepang tahun 2020 adalah sebesar 13,1076 triliun yen, turun 4,8% dari 2019. Pasar Amerika Serikat mengalami kontraksi yang lebih buruk, dengan penurunan 6% tahun-ke-tahun dari 2019 ke 2020.

Laporan tersebut juga menunjukkan penurunan tahun ke tahun di pasar empat negara lainnya yaitu :

  • Jerman mengalami penurunan 8%
  • Prancis 11%
  • India 22%
  • Indonesia 22%.

Laporan tersebut menyoroti pandemi COVID-19 sebagai alasan utama kontraksi pasar.

Taman Hiburan di Jepang Bagikan Stiker Agar Penumpang Rollercoaster Bisa  Pura-Pura Teriak - Lifestyle Liputan6.com

Di Jepang, segmen pasar “paket” – yang mencakup video rumahan, musik, permainan fisik, surat kabar, majalah, dan buku – mengalami penurunan nilai pasar secara total sebesar 6,4%, meskipun video game meningkat dalam penjualan. Segmen pasar “siaran” – yang meliputi siaran televisi, kabel, dan radio publik – mengalami penurunan nilai pasar sebesar 12,2%. Segmen “hiburan dan fasilitas” – yang mencakup bioskop, bar karaoke, dan perusahaan arcade – mengalami penurunan sebesar 43,3%. Segmen “online” – yang mencakup streaming film dan musik, PC dan game mobiler, layanan database, penjualan dan layanan ponsel, dan penjualan online – mengalami peningkatan nilai sebesar 5,3%.

Media hiburan Jepang yang biasanya terkenal aktif memang dalam 2 tahun terakhir banyak mengalami penurunan, terutama karena berbagai event langsung serta media hiburan di sana banyak yang di tutup bahkan di batalkan.

Beberapa di antaranya adalah :

  • Banyak event di undur, di alihkan bahkan di batalkan.
  • Hiburan media seperti bioskop mengalami penurunan hingga 80% dari tahun aktif seperti tahun 2019 ke bawah.
  • Banyak tempat karyawisata di tutup
  • Berkurangnya jumlah aktivitas selama pandemi di mulai sekitar bulan April 2020 sampai sekarang.

.

.

** Sumber = 12 **

Like and Share

Tinggalkan Balasan