5 Musuh Yang Pernah Menyiksa BATMAN

Tidak diragukan lagi bahwa Batman adalah superhero DC yang mempunyai rekam jejak cemerlang saat mengalahkan musuh-musuhnya. Tanpa harus membunuh, Batman selalu berhasil membuat musuhnya bertekuk lutut. Jarang sekali ada penjahat yang mengetahui kelemahannya dan berhasil mengalahkan Bruce Wayne alias Batman dalam pertarungan. Namun, bukan berarti Batman tidak pernah kalah, karena dalam beberapa kesempatan dia pernah kalah dan bahkan beberapa penjahat tercatat pernah menyiksa Batman sampai dia berada pada titik terendahnya. Berikut 5 penjahat yang pernah menyiksa Batman.

1. Scarecrow

Scarecrow adala salah satu penjahat tertua Batman yang terkenal dengan penampilan orang-orangan sawahnya yang mengerikan. Dia terkenal sering menggunakan ramuan sebagai senjatanya untuk mengalahkan musuh-musuhnya, membuat musuhnya berhalusinasi melihat hal yang paling ditakutinya. Dia sering menjadi penjahat Batman di berbagai media, dari mulai game sampai film. Namun, umur Scarecrow jauh lebih tua di DC Comcis, karena dia melakukan debutnya pada tahun 1941 di komik World’s Finest Comics #3 karya Bill Finger dan Bob Kane.

Dalam satu kisah DC Comics, Scarecrow pernah membuat satu kota Gotham ketakutan. Dan saat Batman berusaha mencari tahu, Scarecrow menangkap Batman, mengikatnya di kursi dengan baju orang dengan ganguan jiwa, dan memberinya ramuan halusinasi dengan dosis tinggi. Batman yang tidak berkutik melihat hal yang paling ditakutinya dan menyebabkannya otaknya terganggu. Di game Batman: Arkham Knight pada tahun 2015, bahkan saat Batman berhalusinasi, Scarecrow membuka topeng Batman dan mengungkap wajah Bruce Wayne kepada masyarakat Gotham dalam sebuah acara live.

2. Joker

Sudah tidak aneh lagi jika penjahat yang satu ini selalu mencari cara untuk membuat Batman tersiksa, dan bahkan untuk beberapa kesempatan dia tidak pernah mempunyai alasan yang jelas untuk itu. Sebagai musuh abadi Batman, Joker adalah penjahat yang menginginkan semua orang mati karena tertawa. Joker melakukan debutnya di komik Batman karya Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson pada tahunn 1940, bahkan sebelum Indonesia merdeka.

Kisah paling terkenal penyiksaan Joker bukan terjadi secara langsung kepada Batman, tetapi kepada orang-orang terdekatnya, karena Joker tahu itu adalah hal yang paling menyakitkan bagi Batman. Joker pernah menyiksa Jason Todd dengan linggis dan membuat Batman percaya bahwa Robin kedua tersebut benar-benar mati, sampai akhirnya muncul kembali sebagai penjahat Red Hood. Dalam kesempatan lain, Joker berhasil memancing Batman ke dalam sebuah bioskop di mana terakhir kali Bruce kecil bersama orang tuanya sebelum mereka dibunuh, hal itu mengangkat kembali trauma Batman yang sudah lama dia coba sembunyikan.

3. Deacon Blackfire

Deacon Blackfire adalah penjahat Batman yang mengaku sebagai seorang dukun. Dia mempunyai umur yang sangat tua dan sangat ahli dalam mencuci otak. Deacon melakukan debutnya di komik Batman: The Cult #1 karya Jim Starlin dan Bernie Wrightson pada tahun 1988. Sebagai penjahat yang mengerikan, Deacon Blackfire tercatat sebagai penjahat yang pernah menyiksa Batman paling parah. Sebagai pemimpin sebuah ajaran sesat, Deacon pernah menangkap Batman, menyiksa, dan bahkan mencuci otaknya, membuat Batman percaya bahwa tubuhnya meleleh. Hal itu menyebabkan Batman kehilangan jati dirinya dan bergabung dengan ajaran sesat Deacon Blackfire.

4. Batman Who Laughs

Bisa dibilang Batman Who Laughs adalah versi Batman paling mengerikan sekaligus penjahat paling hebat di DC Universe. Hal itu karena dia adalah gabungan dari karakter Batman sendiri dengan Joker. Batman Who Laughs melakukan debutnya di kisah crossover Dark Nights:Metal karya penulis Scott Snyder dan ilustrator Greg Capullo pada tahun 2017, sebelum akhirnya dia tampil sebagai penjahat utama di Batman/Superman karya penulis Joshua Williamson dan ilustrator David Marquez pada tahun 2019.

Sebagai Batman tergila dari Dark Multiverse, Batman Who Laughs mempunyai satu misi, yaitu membunuh semua versi Batman di Multiverse. Hal itu pernah dia lakukan kepada Batman di universe utama dengan membawa Bat Family versinya sendiri yang mengerikan untuk menyiksa Batman. Dan dia bukan hanya berhasil menyiksa Batman, tetapi semua anggota Justice League yang berusaha mengalahkannya.

5. Bane

Bane adalah penjahat Batman yang melakukan debutnya di komik Batman: Vengeance of Bane #1 karya Chuck Dixon, Doug Moench, dan Graham Nolan pada tahun 1993. Untuk melakukan kejahatannya dia sering mengandalkan kecerdasan dan kekuatan mentahnya yang sangat besar. Bane adalah satu-satunya karakter yang pernah mematahkan punggung Batman, membuatnya hancur secara fisik dan mental.

Kejadian tragis tersebut diceritakan di kisah Knightfall, di mana Bane bertarung satu lawan satu melawan Batman. Di awal pertarungan, kemampuan Batman memang sempat mengungguli Bane, tetapi saat Bane berubah membesar dia justru kewalahan dan kelelahan. Hal itu dimanfaatkan Bane untuk mengangkatnya dan membantingnya ke lutut, menyebabkan Batman harus memulihan diri selama setahun penuh. Tidak berhenti sampai di situ, Bane bahkan pernah mematahkan leher Alfred dan meninggalkan trauma yang mendalam kepada Batman.

.

.

Tonton juga video “Semua Cover Manga Dragon Ball (Full Series)”

.

.

** Sumber **

Like and Share

Tinggalkan Balasan